Selasa, 07 Juni 2011

Makalah Blog

A.    Pengertian Blog
Blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan update blog dinamakan blogging, sedangkan orang yang mempunyai/membuat blog adalah blogger. Blog biasanya diperbarui setiap hari dengan menggunakan software bawaan dari penyedia blog yang sangat mudah dalam penggunaannya sehingga memungkinkan orang yang bukan berlatar belakang teknis website bisa melakukannya dengan mudah. Halaman di dalam blog hampir seluruhnya bersifat kronologikal, artinya disusun berdasarkan waktu kejadian atau waktu posting.
Sebuah blog adalah jenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan kronologikal(urutan waktu kejadian) dari yang terbaru(postingan terbaru) di bagian atas halaman utama(homepage)menuju ke postingan paling lama kebawah.
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Blog seringkali ditulis oleh seseorang dan diupdate secara berkala. Blog seringkali dtulis dengan satu topik khusus, seperti fotografi, spiritualitas, resep, diary pribadi, hobi, dan masih banyak lagi meskipun juga banyak yang mencampur adukkan topik pembahasannya.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari blog yaitu ketika blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari- hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa blog dibuat untuk dibaca orang lain.

B. Sejarah
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom” menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. So, logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.
Hingga 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, hingga ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan. Namun, jumlah blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan blog- blog mereka sendiri. Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian di sebut “blogger”.
Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere,maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

C. Fungsi Blog
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Blog juga merupakan jenis wisata yang terus menerus, dengan pemandunya adalah manusia yang Anda kenal.
Blog bisa digunakan untuk mengirimkan artikel satu-persatu yang disebut posting blog (blog post), post, atau entriesSebuah blog terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan beberapa link(ke halaman web lain, video, audio, dan file-file lain). Blog menggunakan gaya bahasa penyampaian dokumentasi. Seringkali blog lebih fokus ke salah satu topik, misalnya Tips Trik, Tutorial, Ponsel, dan lain sebagainya. Beberapa blog juga menceritakan pengalaman-pengalaman pribadi mereka.
Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

D. Macam- Macam Blog
1.  Berdasarkan jenisnya
1.      Online Diary / Online Journal / Personal blog. Blog yang berisi hal – hal seperti pengalaman, opini, atau pendapat pribadi dari blogger yang mempublish-nya. Entah ber-niche atau tidak, satu poin penting dari personal blog adalah jenis blog ini mengandalkan spontanitas dari blogger itu sendiri. Update dilakukan ( bisa berupa update teratur atau tidak ) setiap blogger memiliki “sesuatu” utuk disampaikan via blog nya. Contoh : http://rahard.wordpress.com ( Budi Rahardjo ), http://radityadika.com ( Raditya Dika )
2.     Corporate blog. Blog yang di publish oleh korporasi. poin pentingnya adalah, blog ini merupakan online representative atau “wajah dari perusahaan” tersebut di ranah internet. BIasanya berkontenkan langkah – langkah yang diambil oleh perusahaan, press realease, konfirmasi terhadap suatu isu tertentu, budaya perusahaan, ulasan mendalam tentang suatu isu yang berkaitan dengan perusahaan, dsb. Contoh : http://ycorpblog.com ( Yahoo!) , http://googleblog.blogspot.com(Google), http://www.boeingblogs.com/randy/ ( Boeing )
3.     Project / Product Blog. Blog yang berisi tentang perkembangan suatu project / product. Baik project / produk tersebut berupa aplikasi web , varian baru dari suatu produk, dsb . konten dari blog jenis ini menampilkan perkembangan atau kabar terbaru dari project / produk tersebut. Contoh : www.ymessengerblog.com ( Yahoo! Messanger ), http://googlechromereleases.blogspot.com ( Google Chrome ).
4.     Niche Blog. Blog yang kontennya berfokus pada suatu niche atau topik tertentu. Pada umumnya, blog jenis ini membuat ‘blog’ nya menjadi subjek dari post yang dibuat, alias tidak menunjukan karakter dari penulis konten melainkan karakter dari blog itu sendiri. Blog jenis ini merupakan jenid blog yang mudah untuk di monetisasi ( monetisasi = menghasilkan uang ) karena memiliki target pembaca tertentu.http://publishedmind.blogspot.com( Teknologi ), http://navinot.com ( IT in social way).


2.      Berdasarkan Tujuannya
1. Blog untuk berorientasi personal. Poin – poin yang mencirikan blog jenis ini : niche nya seringkali beragam, dan bahasa yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post (blogger oriented). http://hermansaksono.com ( Herman Saksono).
2. Blog untuk Personal Branding. Blog yang dibuat untuk mempromosikan “kapasitas” atau kemampuan dari si pembuat blog / blogger. Ciri – ciri umumnya : membahas niche tertentu, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan bahasa yang formal atau semi formal, dan blog menunjukan karakter si blogger.Contoh : http://muhammadisman.blogspot.com(Trainer), http://hermawan.typepad.com(MarketingConsultan), http://romisatriawahono.com ( IT Consultant )
Blog untuk Monetisasi. Sering juga disebut, build for adsense, meskipun selain PPC ( Adsense ) ada juga sumber income lainya. Blog yang berorientasi pada pengunjung. informasi yang ditampilkan berorientasi pada pengunjung karena diharapka. blog memiliki banyak pengunjung. banyak pengunjung = high traffic = high clicks = high income. Blog jenis ini pada umumnya sangat memperhatikan aspek – aspek yang menunjang supply traffic untuk blog, seperti aspek SEO, widget social bookmark. http://problogger.net, http://shoemoney.com.
Blog untuk portofolio. Blog yang menampilkan hasil karya dari blogger. pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi ( photoblog ), dan komik ( comicblog ). contoh : http://chickenstrip.wordpress.com, www.my-photo-blog.com/
Blog untuk katalog. Blog yang kontennya berisikan daftar hal – hal yang menarik untuk blogger. Pada umumnya katalog design, kumpulan link–link,dsb.Contoh : http://bestwebgallery.com, http://cssgallery.com
3.      Berdasarkan Kontennya (Tipe media yang digunakan)               
a.Vlog - singkatan dari Video Blog. Blog yang kontennya berisikan video. Contoh: NotSoGeeky
Linklog. Blog yang kontennya berisikan kumpulan link. Contoh: Jennifer’s LinkLog
Sketchblog.Blog yang berkontenkan kumpulan sketsa portofolio pemiliknya. Contoh: Kristen’s Sketchblog
Photoblog / Phlog . Blog yang berkontenkan foto. Contoh: Kathleen Connally’s Photoblog
Tumbleblogs. Blog berisikan entri text pendek dan kombinasi berbacai media. Contoh: poetsch.org’s tumbleblog
Typecasting Blog. Blog yang kontennya merupakan tulisan yang diketik menggunakan mesin tik / tulisan tangan / notes yang lalu di scan dan dipublikasikan melalui blog. Contoh: Type-Ten.com
Splog - singkatan dari spam blog. Blog yang berisikan hanya iklan and nothing else. Terkadang disepipi beberapa konten copy paste.
Blog iklan baris. Blog yang berisi iklan baris. Iklan, iklan dan iklan. Contoh: http://blogiklanbaris.com/
Blog Copy Past. Blog yang kontennya copy paste dari blog lain. Contoh: Well, sepertinya tanpa saya cantumkan juga anda akan banyak menemukannya
Personal Blog. Blog pribadi, tentang seseorang. Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
Travel Blog. Blog berkategorikan travelling, atau panduan travelling
Fashion Blog. Blog tentang fashion
Music Blog. Blog tentang musik
Education Blog. Blog tentang pendidikan
Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis Blog (Seperti kampanye).
Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary Blog).
Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
Blog agama: Membahas tentang agama
Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).

4. Berdasarkan Device (tools yang digunakan)
Moblog. Blog yang di update menggunakan perangkat mobile. Contoh: Dori’s Moblog

 5. Berdasarkan Genre
Blog juga dapat di kategorikan berdasarkan genre atau topik yang dibahasnya. Karena blog dapat membahas hampir apapun (bahkan ada juga blog mengenai blog kan?), maka saya hanya akan mencantumkan beberapa genre saja, seperti yang di cantumkan di wikipedia:

6.Berdasarkan Protokol
a.Blog- blog yang berada di jaringan world wide web dan menggunakan protokol hypertext transfer protocol (http). Merupakan singkatan dari weblog: logging the web.
Phlog- Blog yang menggunakan protokol Gopher. Jika “B” dari blog berasal dari kata “Web”, maka “Ph” dari Phlog berasal dari kata “Gopher”. Contoh: Port70 Phlog (gopher link)

E. Fitur dalam Blog
blog seringkali mempunyai beberapa fitur untuk memudahkan kita sebagai pembaca dalam berkunjung atau mencari informasi tentang isi blog tersebut. Nah sekarang simaklah beberapa fitur yang saya maksud:

1.     Arsip
Arsip adalah sebuah daftar link yang menampilkan postingan-postingan kita, sehingga dengan adanya arsip ini pengujung akan dapat mengetahui artikel-artikel apa saja yang sudah ditulis oleh sang pemilik blog tersebut. Ketika saya menulis artikel pengertian blog seperti ini, artikel akan ditampilkan dihalaman depan pada bagian atas dan selanjutnya turun kebawah ketika saya menulis artikel baru lagi. Dan jika saya terus menulis artikel maka artikel yang lama akan hilang dari halaman depan sesuai batas berapa artikel yang saya tampilkan di halaman depan. Nah disinilah arsip memperlihatkan “kanuragannya”(baca: fungsinya).
Artikel yang sudah tidak ditampilkan di halaman depan akan masuk ke arsip sehingga pengujung tetap bisa mengakses artikel-artikel saya yang lama dengan navigasi yang mudah digunakan.


2   Komentar
Meskipun tidak semua blog memiliki komentar, namun kebanyakan blog menggunakannya. Inilah yang menjadi salah satu ciri khas blog, dimana blog adalah komunikasi dua arah antara penulis dan pembaca. Sebagai contoh, Anda sebagai pembaca dapat dengan mudah menulis komentar tentang blog saya pada tiap-tiap artikelnya.
Kotak/form komentar kebanyakan terdapat dibawah artikel/postingan, tetapi jika pembaca sekalian pengguna blogspot yang original artinya belum di “permak” maka kotak komentar akan berada di halaman lain, jika pembaca menginginkan agar kotak komentar berada di bawah postingan klik disini. Sehingga jika Anda mempunyai pertanyaan, pendapat, atau apapun yang ingin disampaikan silahkan tulis dibagian komentar blog saya.
Dengan menulis komentar Anda dapat memberitahukan keberadaan Anda ketika membaca artikel pada suatu blog, kenapa? Karena ketika menulis komentar Anda akan menulis nama Anda, email, website/ blog Anda, dan komentar itu sendiri sehingga pemilik blog kemungkinan besar juga akan mengujungi blog Anda sesuai dengan signature yang terdapat pada komentar.
Jalan yang terbaik untuk mengetahui makna blog sebenarnya adalah dengan membaca beberapa blog. Menulis beberapa komentar, pertanyaan, dan bookmark blog favorit Anda. Bahkan untuk mendapatkan pengertian yang lebih baik adalah dengan memulai membuat blog  sendiri, merasakan dan menikmati.

F. Keuntungan dan Kerugian dari Penggunaan Blog
1. Keuntungan
Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
1.     Melalui weblog, kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
2.     Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting  blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.

2. Kerugian
Adapun kerugian dari penggunaan blog yaitu adanya resiko untuk timbul kejahatan karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi. Blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog- blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan lain- lain.

G. Komunitas Blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Beberapa jenis komunitas blogger adalah Komunitas Blogger Daerah, yaitu Komunitas Blogger berdasarkan kedaerahan atau wilayah tertentu, Komunitas Blogger Non-Daerah, yang biasanya terbentuk karena kesamaan hobi atau yang lainnya, dan Komunitas Blogger Kampus.
Seperti halnya ada banyak karakter manusia di bawah jagat atmosfer, demikian pula halnya dengan Blogger di ranah blogosfer. Ada beberapa blogger  yang telah teridentifikasi dan diklasifikasikan menjadi12 jenis blogger. Setiap Blogger bisa saja memiliki salah satu karakter ini atau memiliki dua atau tiga kombinasi. Jenis- jenis blogger di antaranya sebagai berikut:
1.     Blogger Selebritas: Ini adalah jenis Blogger yang sangat terpesona dengan popularitas. Ia menginginkan semua orang mendukung, memuji dan memujanya. Jelas ia tak mau ada orang yang mau mengutak-atik singgasananya. Ia tak begitu peduli pada kualitas posting, tapi yang penting eksistensinya tetap ada dan dirasakan.
2.     Blogger Hiperaktif: Inilah Blogger yang memiliki stamina yang prima. Ia sanggup mengirim puluhan posting setiap hari — tak peduli posting tematik atau sekadar rangkuman quick links — untuk sekian buah Blog yang dimilikinya. Sepertinya waktu 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu belum cukup baginya.
3.     Blogger Peneliti: Blogger yang satu ini memiliki dedikasi yang tinggi pada dunia penelitian dan pengetahuan. Ia rajin memposting pengetahuan, data dan fakta yang berguna di blognya. Setiap postingnya diperkuat dengan link-link yang tepat dan akurat.
4.     Blogger Pendidik: Inilah Blogger yang lebih memposisikan diri sebagai pendidik atau guru. Ia sering memposting isu-isu dengan sudut pandang edukatif dan didaktif. Tidak begitu banyak frekuensi postingnya, tapi selalu menarik dan bermanfaat begitu ia memperbarui blognya.
5.     Blogger Pesolek: Blogger yang satu ini gemar bersolek — dalam arti sering mempercantik tampilan desain Blognya. Ia sangat memperhatikan kualitas logotype, tipografi dan sensasi grafis Blognya. Blog itu indah, begitu mungkin prinsipnya, jadi kenapa harus dibuat gundah?
6.     Blogger Gaul: Namanya Blogger gaul, Blogger yang satu ini memang gemar bergaul. Ia rajin menyambangi Blog-blog lain — apakah Blog yang sudah lama ataupun baru — memberikan komentar atau tanggapan. Kompensasinya, Blogger yang sudah dikunjunginya itu akan balik bersilaturahmi ke Blog dia. Semacam arisan juga, kan?
7.     Blogger Narsis: Inilah Blogger yang sangat individual-sentris. Tak peduli apa yang sedang terjadi di dunia, yang jelas, ia hanya sibuk dengan posting tentang dirinya sendiri: berisi agendanya sehari-hari hingga sepekan mendatang. Sering memajang foto sendiri ataupun barang-barang pribadi lainnya. Jadi kalau ingin berkenalan dengannya, Anda tak perlu ketemu, cukup baca Blognya — dijamin akan mengenalnya dari A-Z!
8.     Blogger Entrepreneur: Jiwa bisnis Blogger jenis ini luar biasa. Ia pintar memilih tema untuk sejumlah Blognya, dan menempatkan sejumlah banner iklan dari penyedia online advertising kelas dunia di Blognya. Jelas dia sangat akrab dengan istilah AdSense, Chitika, AdBrite, BlogAds, Amazon, dan lain sebagainya. Akumulasi klik dari pengunjung pada banner atau link advertorial ini jelas akan membuat dompetnya jadi tebal.
9.     Blogger Profesional: Ini memang Blog sudah menjadi pekerjaannya sehari-hari. Full-time. Artinya, ia tidak hanya memiliki jiwa  entrepreneur, tetapi juga mampu melakukannya dengan sangat profesional, memodalin dan mengelolanya dengan baik. Ia juga memiliki kemampuan manajerial dan penataan keuangan yang baik.

10.     Blogger Amatir: Inilah Blogger yang setengah hati. Sekali waktu, ia rajin mengirim posting, kemudian menghilang satu-dua bulan, kemudian ia menggebrak lagi dengan posting-postingnya. Boleh jadi ia sudah lupa dengan username dan password admin Blognya, atau lupa URL Blognya sendiri.
11.     Blogger Introvert: Inilah Blogger yang “tidak niat”. Ia menutup ruang komentar untuk setiap postingnya, tak mengungkapkan sama sekali jati-dirinya. Meskipun begitu, ia rajin posting. Boleh jadi waktu mau buka Internet dia lirik kanan-kiri dulu agar tidak ketahuan orang. Tapi masih syukur ia hanya menutup ruang komentar di Blognya, dan bukan menutup Blognya!
12.     Blogger Filosof: Ini memang filosof abis. Hampir semua postingnya berisi pemikiran-pemikiran filosofis. Apapun isu atau topik yang sedang, bisa ia lihat dari kacamata filsafat. Meski harus mengernyitkan alis untuk membacanya, tapi sesungguhnya posting-postingnya sangat mendalam, menikam dan mencekam.

H. Cara Membuat Sebuah Blog       
Yang pertama tentu saja login ke bloger dulu ya…… masuk ke www.blogger.com

I. Cara Mengisi dan Menggunakan Sebuah Blog
Setelah tampil gambar seperti di bawah ini,
Dahsboard area      
lalu kamu klik menu posting baru, maka akan muncul seperti tampak gambar seperti ini
Jendela Posting             
Biar lebih jelas lagi saya beri tahu fungsi masing-masing tool bar pada jendela posting ini ya…
0 kolom Judul
1. Model huruf
2. Ukuran huruf
3. format huruf tebal
4. format huruf miring
5. warna huruf
6. menyisipkan link
7. rata teks bagian kiri
8. rata teks bagian tengah
9. rata teks bagian kanan
10. rata tes bagian kanan kiri
11. Penomoran
12. Bulet
13. BlockQuote
14. penyecek tata bahasa (berlaku untuk bahasa inggris)
15. Menyisipkan gambar pada posting
16. Menyisipkan video pada posting
17. Menghapus format
18. Untuk memposting dan menyimpan artikel yang telah selesai di ketik
19. untuk menyimpan tanpa memposting artikel
20. tempat untuk menulis artikel
21. pilihan posting (disediakan dua pilihan, yaitu pilihan mengizinkan     pengunjung untuk berkomentar, dan pilihan tidak mengizinkan pengunjung untuk berkomentar)
22. nama kategori posting

Mengisiartikel
          Tulis judul artikel pada seperti nomor 1, kemudian tulis artikelmu pada nomor 20, saya sarankan untuk menyelesaikan menulis artikel terlebih dahulu.. kalau sudah selesai tinggal memformat artike kamu. Jika ingin mewarna, menebalkan, atau mengatur posisis pertaaan teks, awalilah dengan mengblok kalimat atas kata yang akan di format.
                            
Menyisipkan gambar
Di sini ada dua macam cara mengambil gambar, pada jendela sebelah kiri cara mengambil gambar dai komputer, dan pada jendela sebelah kanan mengambil gambar langsung dari alamat internet.
Untuk mengambil gambar dari komputer kita, klik menu browse. Setelah itu pasti muncul gambar seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar